4 Komponen Kebugaran Terkait Kesehatan

4 Komponen Kebugaran Terkait Kesehatan

Inilah 4 Komponen Kebugaran Terkait Kesehatan

4 Komponen Kebugaran Terkait Kesehatan Anda sudah tahu bahwa manfaat datang ketika Anda memprioritaskan kebugaran jasmani. Triknya adalah memahami apa sebenarnya “kebugaran” itu dan bagaimana Anda bisa mencapainya.

Di situlah lima komponen kebugaran berperan. Mereka adalah cetak biru untuk pedoman aktivitas fisik American College of Sports Medicine (ACSM) dan berfungsi sebagai alat yang berguna untuk mengatur dan melaksanakan rutinitas latihan Anda sendiri yang seimbang.

Membuat rencana kebugaran yang menggabungkan masing-masing elemen ini dapat membantu memastikan bahwa Anda mendapatkan manfaat kesehatan paling banyak dari rutinitas Anda. Nah, dibawah ini merupakan daftar 4 Komponen Kebugaran Terkait Kesehatan yang perlu Anda ketahui.

 

1.Daya Tahan Kardiovaskular

Daya tahan kardiovaskular (juga dikenal sebagai daya tahan kardiorespirasi atau kebugaran aerobik) mengacu pada kemampuan tubuh Anda untuk secara efisien dan efektif memasukkan oksigen dan mengirimkannya ke jaringan tubuh Anda melalui jantung, paru-paru, arteri, pembuluh darah, dan vena. Dengan melakukan olahraga teratur yang menantang jantung dan paru-paru, Anda dapat:

  • Menjaga atau bahkan meningkatkan pengiriman dan pengambilan oksigen yang efisien ke sistem tubuh Anda
  • Meningkatkan metabolisme sel
  • Meringankan tantangan fisik dalam kehidupan sehari-hari

Mengingat bahwa penyakit jantung menyumbang sekitar 630.000 kematian di Amerika Serikat setiap tahun , memulai program olahraga yang meningkatkan kebugaran kardiovaskular menjadi sangat penting. Lari, jalan kaki, bersepeda, berenang, menari, latihan sirkuit, dan tinju hanyalah beberapa dari banyak latihan yang dirancang untuk bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Kuncinya, tentu saja, adalah konsistensi. Ini mungkin terdengar banyak, tetapi 150 menit dibagi menjadi hanya 20 hingga 30 menit latihan per hari, lima hingga tujuh hari seminggu, tergantung seberapa keras Anda mendorong diri sendiri.

 

2.Daya Tahan Otot

Daya tahan otot adalah salah satu dari dua faktor yang berkontribusi pada kesehatan otot secara keseluruhan. Pikirkan ketahanan otot sebagai kemampuan kelompok otot tertentu untuk terus berkontraksi melawan perlawanan yang diberikan.

Pengendara sepeda jarak jauh menawarkan contoh yang jelas. Untuk terus mengayuh sepeda dalam jarak jauh, sering kali di tanjakan curam, pengendara sepeda harus mengembangkan otot tahan kelelahan di kaki dan bokongnya. Ini adalah bukti daya tahan otot yang tinggi .

Demikian juga, memegang papan untuk mengembangkan kekuatan inti adalah contoh lain dari ketahanan otot. Semakin lama Anda dapat mengencangkan otot perut dan menahan tubuh pada posisi mantap, semakin besar daya tahan yang Anda miliki melalui pinggul, perut, dan bahu.

Sejauh mana Anda memilih untuk fokus pada ketahanan otot harus secara langsung berkaitan dengan tujuan kesehatan atau kebugaran Anda sendiri. Penting untuk disadari bahwa daya tahan otot adalah khusus untuk kelompok otot.

Ini berarti Anda dapat mengembangkan tingkat ketahanan yang tinggi pada beberapa kelompok otot (seperti pesepeda yang membangun ketahanan di kaki mereka) tanpa perlu mengembangkan tingkat ketahanan yang sama pada kelompok otot lain, tergantung pada kebutuhan Anda.

  • Untuk Kesehatan Sehari-hari

Untuk tujuan kesehatan umum, Anda mungkin ingin mengembangkan ketahanan yang cukup dengan menaiki beberapa anak tangga atau mengangkat dan membawa bahan makanan dari mobil ke rumah Anda. Latihan beban atau latihan kekuatan dengan intensitas rendah akan membantu Anda membangun daya tahan itu.

  • Untuk Tujuan Terkait Kebugaran

Tetapi jika Anda ingin menjadi atlet ketahanan yang mampu berkompetisi dalam olahraga yang membutuhkan kontraksi otot terus menerus, seperti lomba lari rintangan, CrossFit , atau bersepeda, Anda mungkin ingin lebih fokus pada rejimen latihan yang menggunakan latihan kekuatan pengulangan tinggi dan aktivitas khusus olahraga untuk membuat Anda menjadi atlet yang lebih baik.

 

3.Kekuatan Otot

4 Komponen Kebugaran Terkait Kesehatan

Sementara ketahanan otot mengacu pada seberapa tahan kelompok otot tertentu terhadap kelelahan, kekuatan otot mengacu pada jumlah kekuatan yang dapat dihasilkan oleh kelompok otot tertentu dalam satu upaya habis-habisan. Dalam istilah latihan kekuatan, itu adalah satu repetisi maks.

Seperti ketahanan otot, kekuatan otot adalah kelompok otot tertentu. Dengan kata lain, Anda mungkin memiliki glutes yang sangat kuat , tetapi deltoid relatif lemah; atau otot dada yang sangat kuat, tetapi paha belakang relatif lemah. Inilah mengapa mengapa program latihan kekuatan yang seimbang yang menargetkan semua kelompok otot utama Anda sangat penting.

  • Pertimbangkan Tujuan Anda

Sejauh mana Kamu telah berlatih untuk kekuatan. Dalam hal ini ditentukan oleh tujuan kesehatan dan kebugaran Anda sendiri. Misalnya, jika fokus Anda adalah kesehatan, Anda tahu bahwa Anda harus cukup kuat untuk mengangkat kotak yang berat atau dengan mudah berdiri dari kursi. Dalam keadaan ini, kekuatan otot yang ditingkatkan mungkin merupakan produk sampingan dari rutinitas latihan yang lebih berfokus pada pengembangan daya tahan otot.

Namun, jika Anda ingin mengembangkan massa otot atau ingin dapat mengangkat beban yang lebih berat di gym, program latihan Anda harus lebih difokuskan pada angkat beban yang berat.

  • Untuk Meningkatkan Kekuatan Otot
  1. Gunakan beban yang lebih berat dengan repetisi yang lebih sedikit, membuat otot Anda lelah di setiap set.
  2. Untuk Meningkatkan Daya Tahan Otot
  3. Gunakan beban yang lebih ringan dan jumlah repetisi yang lebih tinggi untuk meningkatkan ketahanan dari waktu ke waktu.

Mungkin untuk meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan pada saat yang bersamaan. Ini dapat dilakukan bersamaan dengan pelatihan kardiovaskular. Misalnya, rutinitas latihan sirkuit yang menggabungkan latihan kekuatan dan kardio menjadi satu latihan dapat membuat program latihan Anda lebih efisien.

 

4.Fleksibilitas

Fleksibilitas mengacu pada rentang gerak yang Anda lakukan di sekitar sendi tertentu. Seperti kekuatan dan daya tahan otot, kelenturan adalah spesifik sendi. Misalnya, Anda mungkin memiliki bahu yang sangat fleksibel , tetapi paha belakang atau pinggul yang kencang dan tidak fleksibel .

Fleksibilitas itu penting di segala usia. Ini memainkan peran dalam gerakan tanpa hambatan dan dapat memengaruhi keseimbangan, koordinasi, dan ketangkasan Anda. Mempertahankan berbagai gerakan penuh melalui sendi utama Anda dapat mengurangi kemungkinan cedera dan meningkatkan kinerja atletik.

Seiring bertambahnya usia, pentingnya fleksibilitas menjadi semakin jelas. Pikirkan orang-orang yang sudah lanjut usia: Banyak yang mungkin berjalan terseok-seok atau mengalami kesulitan menjangkau lengan di atas kepala.

Hal ini dapat memengaruhi kualitas hidup mereka, sehingga lebih menantang untuk melakukan aktivitas sehari-hari , seperti meraih barang di rak yang tinggi, mengambil barang dari lantai, atau sekadar bergerak secara efektif untuk mendapatkan keseimbangan jika barang tersebut mulai jatuh.

Meskipun menghentikan proses penuaan sama sekali tidak mungkin, melindungi sendi dan menjaga mobilitas dapat membantu Anda tetap sigap di tahun-tahun berikutnya.

  • Bagaimana Meningkatkan Fleksibilitas?

Ada cara sederhana untuk melakukan latihan fleksibilitas dalam hari Anda:

  1. Peregangan statis, di mana Anda menahan regangan selama 10 hingga 30 detik setiap kali.
  2. Latihan yang membawa Anda melalui latihan peregangan dinamis, seperti barre , yoga , Tai Chi , atau Pilates.
  3. Peregangan aktif, seperti mengangkat kaki Anda tinggi-tinggi dan menahannya di sana. Menggunakan kontraksi otot lawan untuk mengendurkan otot yang sedang diregangkan.
  4. Peregangan pasif, juga disebut peregangan santai, di mana Anda mengambil posisi peregangan dan menahannya dengan bantuan bagian lain dari tubuh, pasangan, atau peralatan Anda, seperti tali pengikat.
  5. Peregangan isometrik, sejenis peregangan statis, menggunakan resistensi untuk bergantian antara relaksasi dan kontraksi otot.

Diatas itulah beberapa cara yang bisa Kamua gunakan untuk kebugaran tubuh anda agar bisa menjadi lebih sehat! Jangan lupa terus kunjungi situs Portal Berita Kesehatan Hari Ini untuk mendapatkan informasi terbaik!