3 Cara Mendapatkan Kebugaran Jasmani

3 Cara Mendapatkan Kebugaran Jasmani

Daftar 3 Cara Mendapatkan Kebugaran Jasmani

3 Cara Mendapatkan Kebugaran Jasmani Anda mungkin sadar bahwa Anda perlu mempelajari cara mendapatkan kebugaran fisik, tetapi bagaimana Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan jenis pelatihan ini? Meskipun melakukan beberapa jenis olahraga teratur secara teratur dapat membantu, ada banyak situasi di mana mendapatkan jenis pelatihan ini sebenarnya akan menguntungkan Anda.

Jika Anda memiliki gaya hidup yang sibuk atau sudah pensiun, mungkin lebih tepat bagi Anda untuk mendapatkan beberapa bentuk kebugaran jasmani untuk menjaga kesehatan Anda. Tubuh Anda akan terasa lebih sehat jika Anda melakukan aktivitas fisik yang cukup dalam kehidupan sehari-hari. Nyatanya, Anda mungkin menemukan bahwa Anda benar-benar menikmati proses mendapatkan semacam latihan fisik.

Jika Anda tidak punya waktu untuk berolahraga, kebugaran fisik mungkin bukan pilihan terbaik untuk Anda. Kemungkinan besar Anda bisa mencari beberapa jenis aktivitas yang akan membuat Anda berolahraga dengan baik seperti dibawah ini Daftar 3 Cara Mendapatkan Kebugaran Jasmani.

 

1.Rutin Latihan Aerobik

3 Cara Mendapatkan Kebugaran Jasmani

Saat mendengar istilah “senam aerobik”, yang biasanya terlintas di benak Anda adalah berolahraga di gym atau berlari diatas treadmill. Tapi apa sebenarnya latihan aerobik itu? Berbagai bentuk latihan aerobik dapat dilakukan, tetapi semuanya termasuk dalam kategori aktivitas aerobik. Aerobik adalah proses menggunakan gerakan tubuh untuk menghasilkan energi dan oksigen melalui proses latihan. Kegiatan aerobik diklasifikasikan menurut intensitas kegiatan (kelas intensitas) dan lamanya kegiatan (kelas durasi). Aktivitas aerobik ditandai dengan pelepasan oksigen dari paru-paru sehingga memungkinkan otot menggunakan oksigen. 

Dan menciptakan energi selama aktivitas. Latihan aerobik dilakukan melalui tubuh individu dan bervariasi dengan berbagai tingkat keterampilan dan pelatihan. Istilah latihan kardiovaskular dan paru sering kali digunakan secara bergantian, tetapi tujuan dan efeknya berbeda. Latihan kardiovaskular mengacu pada aktivitas yang membutuhkan pengerahan energi tubuh sekaligus meningkatkan sirkulasi darah dan pengiriman oksigen ke berbagai bagian tubuh, seperti jantung. Latihan paru mengacu pada aktivitas yang meningkatkan pengiriman darah beroksigen ke berbagai bagian tubuh. 

Selain itu, senam aerobik juga dapat mencakup aktivitas yang memperkuat otot dan persendian. Latihan aerobik, meskipun telah terbukti bermanfaat dalam banyak kasus penyakit, kelemahan otot, dan kecacatan, belum terbukti bermanfaat dalam membantu orang menurunkan berat badan. Juga belum terbukti bahwa latihan aerobik yang teratur meningkatkan umur panjang. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat membantu menurunkan risiko kanker tetapi efek ini sangat bergantung pada jenis kelamin dan ras. 

Olahraga adalah bagian utama dari pengobatan kanker dan ada banyak penelitian yang menunjukkan keefektifan senam aerobik dalam mengurangi risiko kanker payudara, kanker usus besar, kanker perut, dan kanker prostat. Olahraga aerobik secara teratur juga terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan membantu memperlambat proses penuaan. Aktivitas aerobik membantu melindungi dari Alzheimer penyakit dan bahkan telah ditemukan untuk meredakan depresi. gejala depresi.

 

2.Rutin Latihan Anaerobik

3 Cara Mendapatkan Kebugaran Jasmani

Apa itu Latihan Anaerobik? Anaerobik adalah kebalikan dari aerobik; artinya “tanpa oksigen”. Dalam istilah awam, aktivitas anaerobik lebih pendek tetapi lebih intens daripada aktivitas aerobik. Saat Anda berolahraga di treadmill, di rumah atau di gym, Anda bekerja untuk meningkatkan energi yang Anda miliki di dalam tubuh dan itu berarti meningkatkan detak jantung, pernapasan, dan metabolisme Anda. Saat Anda berolahraga di treadmill, Anda melakukan semua hal ini, dengan fokus pada peningkatan laju metabolisme Anda untuk membakar kalori. 

Jadi Anda dapat melihat bahwa Anda perlu meningkatkan kecepatan Anda untuk efek yang sama, tetapi Anda juga dapat melihat bahwa anaerob bukan bagian dari latihan Anda. Jadi, apa itu anaerob dan bagaimana Anda mengatasinya? Istilah “anaerob” berasal dari laboratorium pengujian anaerob di mana para ilmuwan menyiapkan mesin untuk membuat simulasi dan anaerob nyata. Secara teori, anaerob di lingkungan menciptakan lingkungan dimana aktivitas aerobik terjadi secara alami.

Jadi jika anaerob hadir dalam latihan Anda, Anda tidak sedang melakukan latihan aerobik melainkan hanya memanfaatkan anaerob. Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan kesehatan dan kebugaran kardio-vaskular, Anda harus mulai melatih anaerob agar Anda dapat mengikuti latihan dan menjadi bugar. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan melihat latihan Anda dan memastikan Anda tidak bekerja terlalu keras. Jika Anda terlalu banyak berlatih, anaerob di tubuh Anda akan mulai rusak. 

Pada tahap ini, mereka akan mengeluarkan produk limbah yang tidak Anda serap dan ini dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, jantung, paru-paru, dan hati. Penting untuk diingat bahwa anaerob sangat umum di alam dan bakteri yang diurai dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada manusia. Jadi, alih-alih berlatih berlebihan, lihat rutinitas kebugaran Anda dan cari cara untuk mengurangi jumlah anaerob yang Anda lakukan dalam latihan.

 

3.Lakukan Peregangan

Jika Anda seorang yang rajin berolahraga, kemungkinan besar Anda tahu beberapa latihan peregangan yang paling terkenal, tetapi jika Anda belum pernah melihatnya lebih dekat sebelumnya, apa itu sebenarnya dan bagaimana latihan tersebut membantu tubuh Anda? Jika Anda seperti kebanyakan orang, maka Anda tidak cukup berolahraga, dan karena itu tubuh Anda akan mulai kaku. Salah satu penyebab kekakuan ini adalah karena Anda telah menggunakan semua jaringan otot di tubuh Anda. 

Sementara pada saat yang sama tidak dapat menghasilkan pertumbuhan otot baru, yang mengakibatkan tubuh menjadi kaku daripada yang semula ada. Sekarang agar adil, tubuh yang baik itu penting, tetapi dibutuhkan lebih dari sekadar berolahraga. Otot harus digunakan dengan benar dan teratur. Ini berarti Anda harus berhati-hati tentang apa yang Anda makan, apa yang Anda minum, saat Anda berolahraga, dan apa yang Anda lakukan di antara sesi olahraga. Jika Anda kurang paham, maka ada latihan yang akan memberi Anda hasil yang bagus, seperti Yoga, Pilates, bahkan jalan cepat. Namun jenis latihan ini biasanya hanya sebagian kecil dari keseluruhan program. 

Itu hanyalah cara bagi Anda untuk merasa lebih baik, sehingga Anda lebih termotivasi untuk mengikuti program, yang pada akhirnya akan mengarah pada tubuh yang sehat, fleksibel, dan kuat. Latihan Peregangan sangat berguna karena membantu Anda mengencangkan dan mengencangkan otot-otot di tubuh Anda. Faktanya, dengan melakukan peregangan ini Anda sebenarnya dapat meningkatkan kelenturan otot yang diregangkan. Yang dapat membuat tubuh Anda tampak jauh lebih fleksibel, sehingga jauh lebih fleksibel. Anda juga ingin memastikan bahwa latihan yang Anda lakukan tidak berbahaya. 

Biasanya, jenis olahraga apa pun yang membuat tubuh Anda bekerja lebih keras. Dari yang seharusnya akan menyebabkan rasa sakit atau cedera. Ini terutama benar jika Anda akan melakukan sesi olahraga yang diperpanjang. Sebagai aturan umum, yang terbaik adalah berolahraga dalam posisi yang nyaman. Serta menggunakan bentuk yang benar saat melakukan semua jenis olahraga. Hal-hal sederhana ini akan membantu Anda menemukan peregangan yang tepat yang akan membantu Anda mencapai hasil yang luar biasa. Dan yang dapat Anda lakukan sendiri.

Baca Juga Artikel Tentang: 4 Komponen Kebugaran Terkait Kesehatan